Saturday, June 13, 2009

Tehnik Gambar arsir, gosok, kerok

gw dapet ilmu baru yang seru nih dari tante gw yang baru aja ngambil pendidikan buat jadi guru TK. katanya tehnik-tehnik gambar itu pelajaran dasar lah buat anak TK.
weew, anak TK zaman sekarang mantapp kali lah, udah diajarin kaya gini-gini an. zaman gw dulu mannna ada coba! tapi, baguslah mereka udah diasah buat kreatif semenjak dini*

nahh ini dia tehnik-tehnik gambar tsb.....
Yang pertama ini tehnik yang paling simpel
Tehnik Arsir

1 bikin gambar atau tulisan di kertas putih pake crayon warna putih atau abu2 (cm bisa pake warna ini aja)
2 terus tentuin mau diarsirnya secara diagonal, horisontal, vertikal, atau kaya gimana. di contoh gw ini gw pake ngarsirnya miring.
3 arsir terus smua gambar atau tulisan kita, buat hasil yang jelas tekan pensil dengan baik agar warna pensilnya keluar
4 tadaaaa, yang tadinya cuma kertas putih gak keliatan apa2 jadi ada gambarnya gini deh.
**konon tehnik ini katanya disukain bgt sm anak kecil, soalnya kaya sulap! ahee

Yang kedua ....
Tehnik Gosok

1 bikin pola bentuk gambar atau tulisan di kertas putih(digunting)
2 terus taro pola-pola itu di sebuah kertas, garis-garisin deh pola itu pake krayon warna-warni (di garis-garisinnya harus fulldan rapih, jgn menclok-menclok, nanti polanya gak kecetak ke kertas soalnya)
3 setelah beres bikin garis-garis, jadi dilepas polanya tulisan atau gambarnya, teken polanya biar gak gerak kemana-mana, dan gosok-gosok deh (gosoknya satu persatu warna)
4 TaDaaa, lepas pola dari kertas dan jadi deh ..
**enak nya tehnik ini dapet dua karya, bekas pola & gambar cetakan barunya

karya gw lainnya dengan tehnik Gosok


dan yang tehnik terakhir yang diajarkan tante gw
Tehnik Kerok


1 warnain kertas dengan beberapa warna, bisa vertikal, horisontal, kotak, miring, dll.
2 warna in diatas krayon warna-warni tadi pake krayon warna item
3 warnain semua dengan krayon item, warnain yang rata biar hasilnya juga mantap
4 gambar di kertas yang udh jadi warna item itu sm benda-bendayang ujungnya lancip dan agak tajam (misal gunting, peniti, lidi, dll), tapi jgn yang ngerusak kertas juga.
5 Tadaaa, jadilah gambar yang mantapp, dengan gradasi warna yang menawan. wahh lah
**tehnik gambar ini yang paling gw suka bgt, keliatan gradasi warnanya, dan lebih bisa nge-eksplor gmbar yang lebih rumit.

karya gw lainnya dengan tehnik kerok

YUUK,marii dicoba semuanya**

Rekomendasi tante gw

good crayon


Tukang Foto: dki*
Partner in crime: De Rifa (ponakan yang sangat menggemaskan nan solehah)
TKP: Rumah Nenek di Ciawi, Bogor

No comments:

Post a Comment